secret recipes ^^

kontent kebanyakan bersumber dari tropicana slim official website, kompas, detik, dan website lainnya,,
**this blog only media sharing **

Selasa, 21 Juni 2011

Makanan Sahabat Kolesterol

KOLESTEROL dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit. Berbagai kalangan, tua-muda, gemuk-kurus, harus berusaha menjalani pola hidup yang sehat agar bisa menjaga kolesterol dalam darahnya tetap normal.

Salah satu cara menjalani gaya hidup sehat ialah dengan menghindari mengonsumsi makanan yang tidak mengandung kolesterol.

Untuk Anda yang ingin mengetahui beragam makanan yang mengandung kolesterol, inilah beberapa jenisnya:

1. Kacang kedelai

Untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah gunakan produk-produk dengan berbahan dasar kedelai, seperti tahu, tempe, susu kedelai, tofu,dan lain-lain.

Kandungan lemak tak jenuhnya sangat baik untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Lemak jenuh memacu hati memproduksi kolesterol dalam darah yang kemudian bisa memicu terjadinya serangan jantung.

2. Kacang-kacangan

Tidak ada makanan lain yang mengandung serat tinggi serta rendah kolesterol secara bersamaan selain kacang-kacangan. Dengan mengonsumsi secangkir kacang (segala jenis kacang) dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 10 persen selama 6 minggu.

Kandungan soluble fiber ini juga banyak terkandung dalam beras merah, apel, gandum, dan beberapa jenis buah-buahan dan sayuran.

3. Ikan salmon

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa beberapa jenis lemak dapat mencegah tingginya kadar kolesterol. Asam lemak omega 3 adalah salah satunya, yang banyak terkandung dalam ikan salmon. Untuk memperbanyak asam lemak omega 3, selain dari salmon, Anda bisa memilih ikan herring, mackerel, sarden, atau tuna.

4. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung. Jenis lemak inilah yang meningkatkan kadar HDL dalam darah yang sangat baik untuk kolesterol.

5. Bawang putih

Bawang putih sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu di berbagai kultur di dunia. Orang Mesir kuno percaya bahwa dengan mengonsumsi bawang putih dapat meningkatkan stamina. Kini, bawang putih dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol, mengurangi tekanan darah tinggi, dan menjaga tubuh dari infeksi.

6. Bayam

Bayam kaya akan kandungan lutein, pigmen berwarna kuning yang banyak ditemukan pada daun sayuran hijau dan kuning telur. Lutein sudah sangat dipercaya dapat melawan age-related macular degeneration, yang menjadi penyebab kebutaan. Bayam merupakan sumber lutein tertinggi.Konsumsilah bayam setiap hari untuk mencegah serangan jantung dan stroke.

7. Walnut, Cashew, Almond

Mulailah mengonsumsi berbagai jenis kacang, karena lemak tidak jenuh (monounsaturated fats) banyak ditemukan dalam kacangkacangan. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung vitamin E, magnesium, dan phytochemicals yang berkaitan erat dengan kesehatan jantung. Sedangkan walnut kaya akan omega 3.

Orang yang mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin memiliki sedikit kemungkinan terkena penyakit jantung dan penyakit lain dibandingkan orang yang tidak mengonsumsinya.

8. Margarin

Dua buah blok margarin terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol. Hal itu bisa dilakukan dengan memblokir penyerapan kolesterol yang terkandung dalam makanan.

9. Teh

Teh disajikan dalam kondisi hangat ataupun dingin tetap mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa teh dapat menjaga syaraf tubuh dalam kondisi yang rileks dan mencegah darah menggumpal.

10. Cokelat

Ingin membantu kondisi jantung lebih baik? Ada baiknya mengonsumsi permen cokelat ataupun cokelat batangan. Sebaiknya memilih dark chocolate. Milk chocolate juga baik untuk tubuh, memiliki antioksidan lebih banyak dibandingkan dengan anggur merah. Sedangkan cokelat putih justru tidak memilikinya sedikit pun.

Kadar flavonoid pada cokelat sangat beragam, tergantung di mana dia tumbuh dan bagaimana cara mengolahnya.

0 komentar:

Posting Komentar